TEKNOLOGI INFORMASI dan SISTEM INFORMASI PEMASARAN

1.      Menurut saudara apakah faktor teknologi informasi akan mempengaruhi bisnis PT Sido Muncul Tbk.? Bila ya, sebut dan jelaskan pengaruh yang ditimbulkan serta strategi apakah yang digunakan PT Sido Muncul Tbk. dalam menghadapi pengaruh tersebut?
2.      Diskusikan apakah PT Sido Muncul Tbk. mempunyai sistem informasi pemasaran yang mandiri? Beri contoh!
3.      Lakukan riset kecil untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap produk jamu pada umumnya dan khususnya untuk jamu herbal ‘Sido Muncul’! Buat kesimpulan dari hasil riset saudara!




1.                  Faktor Teknologi Informasi mempengaruhi bisnis PT Sido Muncul Tbk. YA.
Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat memicu globalisasi. Semua perusahaan dituntut untuk memenuhi standar Teknologi Informasi yang berlaku secara formal di tengah – tengah masyarakat. Kemajuan Teknologi Informasi menjadi salah satu pertimbangan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, kemudahan serta kualitas yang ditawarkan oleh kemajuan Teknologi Informasi menjadi nilai plus di mata masyarakat.

Penerapan Teknologi Informasi dalam dunia bisnis memberikan pengaruh terhadap perubahan dalam kebiasaan yang baru. PT Sido Muncul Tbk. dituntut untuk selalu siap menghadapi perubahan, hal ini karena tuntutan pasar yang berubah dari waktu ke waktu. Faktor Teknologi Informasi telah menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap rencana bisnis. Dalam dunia bisnis, Teknologi Informasi dibutuhkan untuk memberikan peningkatan terhadap layanan bisnis yang terjadi pada PT Sido Muncul Tbk.

Peran Teknologi Informasi dimanfaatkan PT Sido Muncul Tbk. seperti:
1.      e-commerce sebagai media perdagangan, jaringan www (http://www.sidomuncul.co.id/) yang memberikan pengetahuan serta sumber informasi tentang PT Sido Muncul Tbk. yang diperoleh dengan mudah dan cepat,

2.      e-dagang juga perlu teknologi basis data/database untuk menyimpan dokumen PT Sido Muncul Tbk. yang dilakukan secara digital dari dokumen pada server dan perangakat penyimpanan yang dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan terlepas dari lokasi geografis,


3.      e-surat/email sebagai sarana komunikasi antar karyawan, pemasok, dan pelanggan PT Sido Muncul Tbk.

4.      Sistem informasi manajemen, memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya, dan tingkat produktivitas. Informasi ini digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasikan bidang yang perlu perbaikan,


5.      Customer Relationship Management / call center, sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, keuntungan bagi perusahaan adalah meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.

6.      Aktivitas bisnis selama 24 jam, membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko offline yang segala aktivitas dibatasi ruang dan waktu,


7.      dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang dan alat – alat pembayaran.

Bisnis PT Sido Muncul Tbk. adalah bisnis disektor jamu, kemajuan dalam bidang Teknologi Informasi dimanfaatkan dan memberikan pengaruh dalam dunia bisnis. Dunia bisnis yang kompetitif dimana ada banyak persaingan untuk dapat berkembang. Diperlukan kreatifitas, kegigihan, dan pengetahuan yang maju agar mampu bersaing. Peningkatan kinerja juga dirasakan akibat adanya Teknologi. Komputer telah digunakan untuk mengontrol mesin – mesin produksi, misalnya CNC (Computer Numerical Control) pengawasan numeric/perhitungan, CAD (Computer Arded Design) untuk merancang bentuk sebuah produk yang akan dikeluarkan.

Saat ini PT Sido Muncul Tbk. didukung lebih dari 3000 karyawan dengan tingkat pendidikan bervariasi dan ditempatkan sesuai dengan keahlian, kemampuan dan kapasitasnya masing-masing. Sebagai pendukung perusahaan ini juga memiliki tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu, seperti biologi, ekonomi, farmasi, pertanian, hukum, teknologi pangan, teknik kimia, teknik elektro, dll. Untuk mengembangkan kemampuan, pada waktu-waktu tertentu kepada karyawan diberikan kesempatan mengikuti pelatihan, kursus, maupun seminar. Untuk mendukung pengembangan perusahaan juga merekrut tenaga konsultan yang ahli di bidangnya.

Ramah Lingkungan. Sebagai perusahaan yang bahan bakunya tanaman, PT. Sido Muncul Tbk. tidak ingin kehadirannya menghasilkan limbah yang dapat merusak alam, sehingga berupaya untuk melestarikan aneka tanaman obat yang ada di Indonesia. Untuk menangani limbah cair, di lokasi pabrik dipasang instalasi pengolahan air limbah sehingga air limbah dapat diolah menjadi air yang bisa digunakan untuk menyirami tanaman. Sedangkan limbah padat dari buangan sisa ekstraksi akan diolah menjadi pupuk organik, yang bisa digunakan untuk memupuk tanaman. Dengan upaya penanganan limbah tersebut, diharapkan PT Sido Muncul Tbk. akan menjadi perusahaan yang ramah lingkungan dengan lokasi seputar pabrik menjadi asri berkat tanaman yang tumbuh subur.

Description: http://sidomuncul.id/allmedia/files/SIDOMUNCUL20151208005220777-1.jpg
Laboratorium Instrumentasi
Dengan standar ISO 17025 yang telah diberikan kepada laboratorium instrumentasi ini, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. melakukan pengukuran kualitas bahan baku pembuatan berbagai produk.

Description: http://sidomuncul.id/allmedia/files/SIDOMUNCUL20151208005230832-1.jpg
Laboratorium Farmakologi
Berbagai produk dari PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. diteliti manfaat, perjalanan obat di dalam tubuh, serta perlakuan tubuh terhadap produk tadi.

Description: http://sidomuncul.id/allmedia/files/SIDOMUNCUL20151208005303490-1.jpg
Laboratorium Farmakognosi
Para ahli yang berkarya di bawah naungan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. melakukan penelitian terhadap berbagai tanaman obat dan khasiatnya di laboratorium ini. Pengujian produk pun dilakukan di laboratorium farmakognosi ini.

Description: http://sidomuncul.id/allmedia/files/SIDOMUNCUL20151208005457223-1.jpg
Laboratorium Stabilitas
Uji kualitas terhadap berbagai produk PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. dilakukan di laboratorium ini, agar kualitas produk yang dihasilkan tetap terjaga.

Description: http://sidomuncul.id/allmedia/files/SIDOMUNCUL20151208005512944-1.jpg
Laboratorium Formulasi
Peracikan berbagai produk dari PT Industri Jmau dan Farmasi Sido Muncul Tbk. dilakukan di laboratorium ini, hingga berbagai produk tadi dapat dikonsmsi oleh masyarakat dengan takarannya yang tepat.

Strategi yang digunakan PT Sido Muncul Tbk. dalam menghadapi pengaruh Teknologi Informasi adalah: Strategi bisnis pada umumnya dirancang untuk meletakkan bisnis pada suatu posisi yang diinginkan dalam suatu industri tertentu, sehingga pada jangka waktu tertentu dapat menghasilkan tingkat keuntungan terhadap pengembalian investasi yang ditanamkan. Untuk mencapai posisi ini, PT Sido Muncul Tbk. mengimplementasikan pendekatan strategi bisnis diferensiasi yang dianggap membangun dan mempertahankan keunggulan yang berkelanjutan melebihi para pesaingnya. Strategi diferensiasi merupakan serangkaian tindakan yang berkaitan dan dirancang untuk memproduksi barang dan jasa yang dianggap berbeda oleh para konsumen dengan ciri yang dapat diterima sebagai hal yang penting bagi konsumen. PT Sido Muncul Tbk.  dapat meraih diferensiasi dari produk dan jasa yang dihasilkan dengan cara inovasi produknya yang cepat dan berkualitas. Keanekaragaman sediaan jamu yang dihasilkan, diantaranya serbuk, instan, komplit (serbuk dan instan), cair (cairan dalam obat), kapsul, tablet, permen. Strategi ini menghasilkan pertumbuhan melalui akuisisi, yang mempunyai lini bisnis yang sama, dan memberikan perusahaan akses ke pasar dan teknologi yang baru. Di tengah persaingan di sektor industri jamu yang ketat, maka untuk dapat terus bertahan dan menjadi market leader, dibutuhkan rumusan strategi yang tepat dalam menyiasati dan mengelola kondisi eksternal yang kompleks dan internal perusahaan itu sendiri. Strategi ini melihat posisi perusahaan terhadap pesaing dan kemampuan perusahaan untuk bersaing. Nilai yang dihasilkan dari strategi bersaing perusahaan dapat menjelaskan posisi perusahaan dalam industri sebagai pemimpin dalam hal biaya atau sebagai pemimpin dalam hal keunikannya. Keunggulan kompetitif terjadi bila nilai yang perusahaan berikan kepada pelanggan melebihi nilai yang ditawarkan oleh pesaing. Perusahaan tetap mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas produknya untuk pasar lama, dengan cara tetap fokus terhadap pasar yang memberikan keuntungan signifikan yaitu di pasar domestik dan Asia dan fokus pada produk-produk yang memberikan nilai tambah tinggi, sebagai contoh permen tolak angin yang banyak disukai konsumen dari anak-anak sampai dewasa.

Sebagai produsen jamu dan obat herbal, PT Sido Muncul Tbk. menjangkau konsumen tradisionalnya melalui para peritel tradisional yang sebagian besar merupakan UKM (warung, kios di pasar tradisional), selain juga outlet modern (supermarket, minimarket) dan outlet medikal (apotik, toko obat). Hanya sedikit perusahaan yang menjadikan inovasi sebagai cara yang mendasar untuk membuat relasi dengan pasarnya. Strategi ini membuat berbeda dari strategi pengembangan produk yang memperpanjang siklus hidup dari produk yang telah ada. Untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas, PT Sido Muncul Tbk. terus melakukan diversifikasi produk dengan menambah varian-varian baru dan inovasi berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan kompetensi Perseroan di bidang obat herbal, pada bulan September 2014 Sido Muncul memutuskan untuk masuk ke industri farmasi dengan mengakuisisi perusahaan farmasi PT Berlico Mulia Farma di Yogyakarta. Perusahaan telah melangkah dengan ekspansi tersebut, perusahaan tidak lagi hanya beroperasi dalam bisnis intinya. Berlico memiliki fasilitas untuk memproduksi obat-obatan cair, tablet, tablet salut, dan krim. Perusahaan ini memiliki lebih dari 80 produk dalam lini produk, yang terdiri dari obat resep, obat bebas, suplemen makanan dan herbal. Peningkatan daya saing perusahaan dilakukan dengan menggunakan basis utama yaitu inovasi yang superior dimana yang satu dengan yang lainnya mempunyai keterkaitan yang tinggi. Bergabungnya Berlico Farma ke dalam Grup Sido Muncul akan membuat produk herbal dan produk farmasi Perseroan saling melengkapi untuk memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat. Saat ini Perseroan telah memiliki 250 jenis produk dalam kategori Minuman Energi, Minuman Kesehatan, Obat Herbal, Suplemen dan sebagainya.

PT Sido Muncul Tbk. meluncurkan produk Kuku Bima Energi Herbal dan Tolak Linu Mint. Kuku Bima Energi Herbal merupakan pengembangan dari Kuku Bima Energi, yang sudah ada di pasar sejak 23 April 2004. Bahan yang digunakan adalah: Green Coffee (untuk menyegarkan), Ginseng, Royal Jelly (sebagai tonikum untuk penambah stamina dan penguat badan), dan untuk pemanisnya menggunakan gula murni dan daun Stevia. Produk Kuku Bima Energi Herbal ini diluncurkan karena trend masyarakat sekarang lebih suka yang herbal, dan ini yang pertama dan satu-satunya minuman energi yang menggunakan bahan herbal. Disamping itu, PT Sido Muncul Tbk. juga meluncurkan produk Tolak Linu Mint. Tolak Linu Mint adalah varian baru dan pengembangan dari Tolak Linu Herbal yang sudah ada di pasar sejak 12 Juli 2015.
2.                  PT Sido Muncul Tbk. mempunyai sistem informasi pemasaran yang mandiri
Sistem informasi pemasaran adalah kegiatan perseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat bubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang,jasa dan gagasan. Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut.

Komponen Sistem Informasi Pemasaran
Sistem Informasi Pemasaran mempunyai komponen yang sama dengan Sistem Informasi secara umum yaitu:

Input
Sistem Informasi Pemasaran mempunyai subsistem yang terdiri dari”
1.      Sistem Informasi Akuntansi (AIS): Mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan.
2.      Intelejen Pemasaran: Mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan operasi pemasaran.
3.      Riset Pemasaran: Peneliti pemasaran melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran.

Basis Data ( Data Base ) Pemasaran 
Data base yang digunakan oleh subsistem output berasal dari Data Base. Beberapa data dalam data base adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi dengan area fungsional lain.

Output Pemasaran
Tiap subsistem output menyediakan informasi tentang subsistem itu sebagai bagian dari baruan yaitu :
  1. Produk (product): Produk apa yang dibeli pelanggan untuk memuaskan kebutuhannya.
  2. Promosi (Promotion): Meningkatkan atau mendorong penjualan.
  3. Tempat (Place): Cara mendistribusikan produk secara fisik kepada pelanggan melalui saluran distribusi.
  4. Harga (Price): Terdiri dari semua element yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh pelanggan.

Model Pemasaran
Model digunakan untuk menghasilkan informasi yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan pemakai sistemnya. Model merupakan cetakan yang merubah bentuk input menjadi output. Model di sistem informasi pemasaran banyak digunakan untuk menghasilkan laporan keperluan anggaran operasi, strategi penentuan harga produk, evaluasi produk baru, pemilihan lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan produk lama, penunjukan salesman, penentuan rute pengiriman yang paling optimal, pemilihan media iklan yang paling efektif dan untuk persetujuan kredit.

Subsistem Sistem Informasi Pemasaran
1.       Subsitem Penelitian Pemasaran ( Riset Pemasaran )
Subsistem penelitian pemasaran merupakan sistem yang berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan calon pelanggan. Manajer pemasaran dapat menggunakan penelitian pemasaran untuk mengumpulkan segala jenis informasi tetapi sebagian besar kegiatan ditujukan pada pelanggan dan calon pelanggan

Data Primer dan Sekunder
Data Primer adalah data yang dikumpulkan perusahaan. Sedangkan Data Sekunder  adalah data yang dikumpulkan oleh orang lain. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data primer adalah wawancara mendalam, pengamatan dan pengujian terkendali. Beberapa data sekunder harus dibeli dan sering tersedia dalam bentuk pita magnetik atau disket untuk memudahkan pemasukan kedalam CBIS data sekunder yang lain seperti tersedia di perpustakaan

2.       Subsistem Intelijen Pemasaran
Tiap area fungsional bertanggung jawab untuk menghubungkan perusahaan dengan elemen-elemen tertentu dilingkungan pemasaran yang memiliki tanggung jawab utama pada pelanggan dan pesaing. seperti area fungsional lainnya, pemasaran yang memiliki tanggungjawab pada pemerintah dan komunitas global.

3.       Subsistem Produk
Subsistem produk berguna untuk membuat rencana produk baru.

Siklus hidup produk
Tugas manajer pemasaran adalah mengembangkan strategi dan taktik untuk tiap unsur dalan bauran pemasaran dan kemudian mengintegrasikan menjadi suatu rencana pemasaran yang menyeluruh. Suatu kerangka kerja yang disebut siklus hidup produk mengarahkan manajer dalam membuat keputusan-keputusan ini seperti arti namanya siklus hidup produk.

Model evaluasi produk baru
Keputusan untuk mengembangkan produk baru harus dipertimbangkan secara matang dan dengan dasar keuangan yang baik dan dibuat oleh eksekutif. Perusahaan yang memperkenalkan banyak produk baru mengembangkan suatu prosedur formal yang mempertimbangkan faktor-faktor seperti potensi tingkat keuntungan dan efisinsi penggunaan sumber daya.

4.       Subsistem Tempat
Pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yang sesuai dengan pelemparan produk yang dihasilkan sangat menentukan tingkat penjualan produk. Untuk itu, posisi subsistem ini sangat vital dalam keberadaannya.

5.       Subsistem Promosi
Subsistem harga berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yang dihasilkan.

Penentuan Harga berdasarkan Biaya
Beberapa perusahaan menggunakan harga berdasarkan biaya dengan menentukan biaya-biaya mereka dan menambahkan markup yang diinginkan. Jika perusahaan memiliki SIA yang baik, tersedia data biaya yang akurat membuat tugas subsistem harga menjadi mudah untuk mendukung penentuan harga berdasarkan biaya.

Penentuan Harga berdasarkan Permintaan
Kebijakan harga yang kurang berhati-hati adalah penentuan harga berdasarkan permintaan yang menetapkan harga sesuai dengan nilai yang ditempatkan konsumen terhadap produk.

Sistem Informasi Pemasaran PT Sido Muncul Tbk.
Tata Kelola Perusahaan terdiri dari:
1.       Audit Internal
Unit Audit Internal Perseroan dibentuk sebagai mitra manajemen dalam mencapai tujuan perusahaan dengan melaksanakan fungsi audit dan fungsi konsultansi secara independen dan objektif. Audit Internal bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama Perseroan. Kepala Unit Audit Internal diangkat dan diberhentikan oleh Direktur Utama atas persetujuan Dewan Komisaris. Audit Internal memberikan keyakinan yang memadai melalui pendekatan yang sistematis bahwa seluruh fungsi Perseroan berjalan secara konsisten sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ada, resiko yang teridentifikasi, pengendalian internal yang efektif dan kegiatan operasional yang dijalankan secara efisien. Dalam menjalankan aktivitasnya, Audit Internal berpedoman pada Piagam Audit Internal (Internal Audit Charter) yang telah ditetapkan oleh Direksi atas persetujuan Dewan Komisaris pada tanggal 18 Juni 2013. Piagam Audit Internal memuat tentang struktur dan kedudukan Audit Internal, persyaratan auditor, tugas dan tanggung jawab, wewenang, kode etik Audit Internal serta tanggung jawab pelaporan hasil audit.

2.       Komite Audit
Dalam menunjang pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan yang baik, PT Sido Muncul Tbk. telah membentuk Komite Audit yang bertugas membantu Dewan Komisaris berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris No. 001/SM/SK-DEKOM/1/14 tentang pembentukan Komite Audit dan Susunan Komite Audit serta Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit tanggal 23 Januari 2014.

3.       Komite Nominasi dan Remunerasi
Pelaksanaan Fungsi Nominasi :
a.         Menyusun komposisi dan proses nominasi
b.         Menyusun kebijakan dan kriteria yang dibutuhkan dalam proses Nominasi
c.         Membantu pelaksanaan evaluasi kinerja Direksi dan/atau Dewan Komisaris
d.        Menyusun program pengembangan kemampuan anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris
e.         Menelaah dan mengusulkan calon yang memenuhi syarat untuk disampaikan kepada RUPS

Pelaksanaan Fungsi Remunerasi :
a.         Menyusun struktur Remunerasi bagi anggota Direksi dan Dewan Komisaris
b.         Menyusun kebijakan atas Remunerasi bagi anggota Direksi dan Dewan Komisaris
c.         Menyusun besaran atas Remunerasi bagi anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris

4.       Pedoman dan Kode Etik Karyawan
Perseroan menyadari pentingnya suatu Pedoman dan Kode Etik dalam pelaksanaan kegiatan operasional Perseroan. Oleh sebab itu, Perseroan menyusun Pedoman dan Kode Etik yang akan menjadi pedoman berperilaku bagi seluruh jajaran dalam melakukan interaksi dan hubungan dengan segenap pemangku kepentingan. Selain itu, adanya Pedoman dan Kode Etik diharapkan dapat menghindari terjadinya penyimpangan terhadap standar perilaku yang ditetapkan dan menjadi pedoman dalam mendeteksi pelanggaran yang terjadi. Kepatuhan terhadap Pedoman dan Kode Etik akan menghindari timbulnya hubungan yang tidak wajar dengan para pemangku kepentingan yang akan merugikan Perseroan.
Pedoman dan Kode Etik Karyawan adalah Sistem nilai yang dianut oleh Perseroan sebagai acuan karyawan dalam berhubungan dengan pihak internal maupun eksternal, yaitu dengan mitra usaha, sesama karyawan, pelanggan, pesaing, pemasok, pemegang saham, investor, penyelenggara negara, masyarakat, media masa.
Penyusunan Pedoman Dan Kode Etik merupakan amanat Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 33/POJK.04/2014 Tentang Direksi Dan Dewan Komisaris Emiten Atau Perusahaan Publik, secara khusus diatur dalam Bab IV mengenai Pedoman Dan Kode Etik dengan tetap memperhatikan ketentuan Anggaran Dasar Perusahaan, Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan peraturan di bidang Pasar Modal serta Perjanjian Kerja Bersama/Peraturan Perusahaan.

5.       Sekretaris Perusahaan
Tugas Sekretaris Perusahaan:
1.    Mengikuti perkembangan Pasar Modal khususnya peraturan perundang-undangan yang berlaku
2.    Memberikan masukan kepada Direksi dan Dewan Komisaris untuk mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal
3.    Membantu Direksi dan Dewan Komisaris dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan yang meliputi :
a.    Keterbukaan informasi kepada masyarakat, termasuk ketersediaan informasi pada situs web.
b.    Penyampaian laporan kepada Otoritas Jasa Keuangan tepat waktu.
c.    Penyelenggaraan dan dokumentasi RUPS.
d.   Penyelenggaraan dan dokumentasi rapat Direksi dan Dewan Komisaris.
e.    Pelaksanaan program orientasi terhadap perusahaan bagi Direksi dan Dewan Komisaris
4.    Sebagai penghubung antara Perusahaan dengan pemegang saham. Otoritas Jasa Keuangan, Bursa dan pemangku kepentingan lainnya.

Sebagai perusahaan yang telah berdiri sejak 1951, PT Sido Muncul Tbk. kini merupakan perusahaan herbal bertaraf modern senantiasa berupaya untuk memberikan produk – produk yang baik dan menyehatkan bagi seluruh konsumennya, dan dengan demikian memberikan nilai positif bagi masyarakat. PT Sido Muncul Tbk. berhasil memiliki market share tertinggi dan reputasi yang baik sebagai industri jamu terbesar di Indonesia. PT Sido Muncul Tbk. berhasil Go Public masuk Bursa Efek Indonesia. PT Sido Muncul Tbk. berkeinginan agar masyarakat dapat mengenal obat – obat alam yang berasal dari kekayaan Indonesia, dan membuka diri untuk dapat menginspirasi masyarakat.

Kegiatan komunikasi internal PT Sido Muncul Tbk. berupa kegiatan employee relation yaitu kerjasama antara divisi PR dan HRD dalam menampung aspirasi / keluhan karyawan yang selanjutnya akan disampaikan kepada pimpinan, sehingga komunikasi antara pimpinan dan karyawan tetap terjalin baik. Kegiatan komunikasi eksternal PT Sido Muncul Tbk. cukup banyak antara lain: kerjasama ilmiah, kemitraan, kerjasama dengan pemerintah maupun dinas terkait, plan visit PT Sido Muncul Tbk., kegiatan Sponsorship dan Charity Activity, Community Relations, Customer Relations, dan Sido Mucul Award. 

Salah satu kegiatan eksternal PT Sido Muncul Tbk. yang terbilang sukses dan diakui oleh masyarakat maupun pemerintah adalag kegiatan Corporate Social Responsibility yang berbentuk Charity ( kedermawanan ), yang sudah dilakukan sejak tahun1991 yang membuat PT Sido Muncul Tbk. jadi semakin besar. Karena dengan apa yang dilakukan itu setidaknya dapat membantu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan sebaliknya masyarakat akan mengenal dan mengetahui apa yang telah PT Sido Muncul Tbk. lakukan. Ada beberapa kegiatan yang sudah dilakukan oelh PT Sido Muncul Tbk. dalam melaksanakan kegiatan CSR mulai dari Mudik Lebaran Gratis, Operasi Mata Katarak, Pemeriksaan Mata Anak Sekolah Dasar, Dana Amal untuk Berbagi Panti Asuhan, dan Dana Bantuan untuk Penderita Hidrosephallus, Promo Pariwisata melalui Iklan Kuku Bima Ener-G, dan Program Go Green Sido Muncul.
PT. Sido Muncul telah berhasil merambah pasar ekspor dengan menyasar ke negara – negara antara lain ke Malaysia, Singapura, Brunei, Australia (Sydney dan Melbourne), Korea Selatan, Nigeria, Algeria, Hongkong, Amerika Serikat, Saudi Arabia, Mongolia, dan Rusia. Maka dari itu hal yang harus dilakukan PT. Sido Muncul adalah secara berkesinambungan melakukan riset pasar untuk mendapatkan informasi berupa data dan fakta untuk mengetahui keinginan dan aspirasi masyarakat, melakukan perencanaan dari data-data dan fakta yang diperoleh dari dilakukannya riset pasar yang didalamnya terdapat perencanaan tujuan, identifikasi masalah, strategi pemasaran, dan lain sebagainya. 

Produk yang dihasilkan PT Sido Muncul Tbk, antara lain:
a.                PT Semarang Herbal Indo Plants, yang merupakan pabrik bahan baku, menjadikan mutu produk bahan baku dan kualitas obat – obat alam selangkah lebih maju, sehingga produk – produk yang dihasilkan bisa besaing di pasar bebas dengan kualitas yang baik dan berstandar.
b.                PT Muncul Mekar, yang ditunjuk sebagai distributor tunggal perusahaan jamu dan farmasi Sido Muncul. Ada 109 Sub Perwakilan dan Distributor beberapa cabang dan Sub Perwakilan dari kota – kota Provinsi, Kabupaten, dan Kecamatan.
c.                PT Berlico Mulia Farma, bekerja sama dengan 50 Pedagang Besar Farmasi (PBF) untuk mendistribusikan produk perusahaan ke lebih dari 16 kota besar di seluruh Indonesia, dan akan terus meningkatkan jumlah kerjasama dena PBF baik dalam maupun luar negri.

3.                  Preferensi konsumen terhadap produk jamu pada umumnya dan khususnya untuk jamu herbal ‘Sido Muncul’

Kuesioner Penelitian

III. DAFTAR PERTANYAAN :
(Beri tanda √ pada pilihan jawaban/jawab isian jawaban)

A. Pengenalan kebutuhan
1. Produk jamu herbal merek Sido Muncul yang sekarang dikonsumsi ?
            sebutkan :..................

3. Apa motivasi utama anda mengkonsumsi jamu herbal tersebut? (pilih satu saja)
a.       Pengobatan penyakit Gaya hidup sehat (back to nature) alami
b.      Memelihara kesehatan Takut efek samping dari obat farmasi
c.       Lainnya, (sebutkan) ...................

4. Saat anda mengkonsumsi jamu tujuan penggunaan apa yang anda ingin capai ?
a.       Promotif (memelihara kesehatan)
b.      Preventif (pencegahan)
c.       Kuratif ( pengobatan)
d.      Rehabilitatif (Pemulihan kesehatan)







Jumlah sampel yang diambil ada 25 orang, dengan kategori:
Usia > 17 th (Remaja) sejumlah 8 orang
Usia > 30 th (Orang Tua) sejumlah 7 orang
Usia > 60 th (Lansia) sejumlah 10 orang

Berdasarkan riset dengan kategori usia yang kami lakukan terhadap 25 orang yang menjadi sampel riset kami yang terdiri dari Usia > 17 th (Remaja) sejumlah 8 orang, Usia > 30 th (Orang Tua) sejumlah 7 orang, Usia > 60 th (Lansia) sejumlah 10 orang. Hasil riset menunjukkan bahwa produk jamu herbal lebih disukai oleh para responden dengan perbandingan persentase  Suka 68% dan Tidak Suka 32%. Usia Lansia lebih mendominasi pemakaian produk jamu herbal dengan produk jamu komplit pegel linu. Hal ini karena responden yang mengkonsumsi jamu tersebut beranggapan produk jamu herbal Sido Muncul tidak ada efek samping dan aman dikonsumsi jangka panjang.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LINGKUNGAN PEMASARAN

Filosofi dan Konsep Pemasaran